Beberapa Atribut Yang Ada Pada Java Bag.1
Senin, 08 November 2010
, Posted by ronaldoccd at 20.29
1. Class
Didalam Java kita mengenal yang namanya Object Oriented Programming (OOP). Java adalah bahasa yang murni berorientasi object sehingga kita tidak bias mendefinisikan object diluar class atau memakai class itu secara langsung. Mungkin Anda pernah mendengar kata class sebelumnya dalam bahasa pemrograman.Class diumpamakan seperti cetakan yang berguna untuk mencetak suatu object. Contoh dari sebuah cetakan/class tersebut misalnya cetakan dari sebuah mobil sedan. Mobil sedan tentunya mempunyai konsep. Konsep inilah yang akan dipakai untuk membentuk/mencetak hingga menjadi mobil sedan. Oleh karena itu konsep bisa berarti class atau cetakan.
Contoh cetakan/class/konsep dari mobil sedan adalah sebagai berikut :
· Mempunyai mesin
· Mempunyai roda sebanyak 4 yaitu 2 didepan dan 2 dibelakang
· Mempunyai setir
· Mempunyai body atau kerangka dengan panjang, lebar dan tinggi
· Mempunyai warna
· Mempunyai perseneling
· Mempunyai knalpot
Sampai akhirnya didalam pabrik, cetakan/class/konsep tersebut dapat digunakan untuk membuat banyak object baru tentunya dengan berbeda nama/merk. Class juga bisa diilustrasikan atau diumpamakan dengan makhluk hidup. Contohnya adalah hewan mamalia yaitu kucing. Didalam ilmu biologi, kucing tergolong dalam class hewan pemakan daging atau karnivora dan tentunya mempunyai bentuk atau konsep. Tuhan Yang Maha Kuasa sudah sudah menentukan bentuk dari pada class kucing tersebut.
Class kucing mempunyai konsep sebagai berikut :
· Mempunyai kaki sebanyak 4 yaitu 2 didepan dan 2 dibelakang
· Mempunyai suara yaitu “meong” atau “miaw”
· Mempunyai golongan/family yaitu hewan bertulang belakang atau vertebrata dan termasuk golongan mamalia pemakan daging atau karnivora
Nah didalam Java, class mempunyai makna yang sama dengan ilustrasi diatas. Didalam Java kita tidak bisa sembarangan membuat, menciptakan atau mewujudkan suatu object tanpa didasarkan pada konsep/cetakan/class. Oleh karena itu Java adalah bahasa pemrograman yang murni berorientasi object atau dengan kata lain semua pekerjaan yang dikerjakan menggunakan bahasa Java harus dilakukan didalam class.
Mendeklarasikan class Java
}
dimana adalah sebuah access modifier, yang mana boleh dikombinasikan dengan tipe yang laen dari modifier.
2. Object
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Bekerja dengan Object
Ketika anda membuat program dengan Java, anda akan mendefinisikan beberapa class, anda juga akan menggunakan class untuk membuat suatu instance dan tentu saja akan bekerja dengan instance-instance tersebut.
Membuat Object
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date. Sedangkan operatorne w adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().
Contoh :
Kita akan menggunakan class Date untuk membuat suatu object Date.
import java.util.Date;
class CreateDates {
public static void main(String args[]){
Date d1,d2,d3;
d1 = new Date();
System.out.println(“Hari 1 : “ + d1);
d2 = new Date(71,4,14,8,35);
System.out.println(“Hari 2 : “ + d2);
d3 = new Date(“September 3 1976 2:25 PM”);
System.out.println(“Hari 3 : “ + d3);
}
}
Ketika anda memanggil operator new terjadi beberapa hal :
· Instance baru yang telah diberikan oleh class dicipakan.
· Memori dialokasikan untuk instance tersebut.
· Special Method didefinisikan pada class (Konstruktor).
Konstruktor : Suatu method tertentu untuk membuat dan menginsialisasi sebuah instance baru dari class. Konstruktor menginisialiasasi object-object baru dan variable-variabel. Pemberian nama method Konstruktor harus sama dengan nama classnya.
Currently have 0 komentar: