Latest News

Menterjemahkan

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Arsitektur Client Server Side

Selasa, 04 Oktober 2011 , Posted by ronaldoccd at 19.50

     Client-server adalah suatu bentuk arsitektur di dalam suatu jaringan komputer atau internet, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
     Dan dalam penerapannya arsitektur Client-server terbagi menjadi beberapa kelompok salah satunya adalah Arsitektur Client Server Side. Pada arsitektur ini menerapkan respon dinamis, yang di-generate oleh pengguna teknologi server side. Terdapat banyak teknologi server side script yang populer saat ini, di antaranya yaitu:
  • Active Server Pages (ASP), merupakan teknologi Microsoft. Halaman-halaman web ASP biasanya memiliki ekstensi .asp atau .aspx.
  • PHP Hypertext Preprocessor (PHP), merupakan teknologi open source. Halaman-halaman web PHP memiliki ekstensi .php atau .php3.
  • Java Server Pages (JSP), merupakan teknologi Java - Sun, yang berisikan kode-kode Java dalam mengenerate halaman web dengan ekstensi file .jsp.

     Dengan teknologi server side script ini, kita lebih dimudahkan untuk memelihara, updating dan mengembangkan halaman-halaman web secara dinamis terutama untuk pengelolaan website yang dalam skala besar. Para developer perlu menyisipkan kode-kode program server-side ke dalam halaman HTML. Kode ini di-passing ke dalam interpreter yang akan memproses instruksi-instruksi di dalamnya dan men-generate HTML final yang akan ditampilkan di layar browser. Perlu diketahui bahwa kode-kode server-side script yang disisipkan dalam halaman HTML tidak dapat ditampilkan (invisible) oleh client walaupun client menampilkan source halaman web tersebut, dikarenakan server hanya mengirimkan kode HTML.
Dan dalam Client Server pada Jaringan Internet terdapat beberapa Protokol yang sering digunakan, yaitu :
  • HTTP (HyperText Transfer Protocol), digunakan dalam World Wide Web (WWW) yang berfungsi untuk transfer halaman web dan seluruh file yang terletak dalam halaman web seperti gambar, multimedia, attachment file, dan lain sebagainya.
  • FTP (File Transfer Protocol), berfungsi untuk transfer file dari server ke client atau sebaliknya.
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), digunakan untuk pengiriman email.
  • Telnet Protocol, digunakan untuk membuka sesi telnet, yaitu sesi koneksi remote login dari satu komputer ke komputer yang lain.

     Web menggunakan protokol yang bersifat connection-less. Artinya setiap setelah terjadi interaksi antara client dan server, koneksi antara keduanya akan terputus, demikian seterusnya.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar