Latest News

Menterjemahkan

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

TCP/IP

Selasa, 25 Oktober 2011 , Posted by ronaldoccd at 15.56

TCP/IP dikembangkan sebelum model OSI ada. Namun demikian lapisan-lapisan pada TCP/IP tidaklah cocok seluruhnya dengan lapisan-lapisan OSI. Protokol TCP/IP hanya dibuat atas lima lapisan saja: physical, data link, network, transport dan application. Cuma hanya lapisan aplikasi pada TCP/IP mencakupi tiga lapisan OSI teratas, sebagaimana dapat dilihat pada Gambar 2.11. Khusus layer keempat, Protokol TCP/IP mendefinisikan 2 buah protokol yakni Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol Protocol (UDP). Sementara itu pada lapisan ketiga, TCP/IP mendefiniskan sebagai Internetworking Protocol (IP), namun ada beberapa protokol lain yang mendukung pergerakan data pada lapisan ini.

Terminologi  adalah suatu lapisan aplikasi yang digunakan untuk mengelompokkan protokol dan metode dalam model arsitektur jaringan komputer. Baik model OSI maupun TCP/IP memiliki suatu lapisan aplikasi. Pada terminologi TCP/IP, satu jaringan merupakan sekolompok host yang dapat berkomunikasi secara langsung tanpa router. Host dalam TCP/IP mempunyai sedikitnya satu alamat IP. Semua host TCP/IP yang menempati satu jaringan yang sama harus diberi Net ID yang sama.

Dalam TCP/IP, lapisan aplikasi mengandung semua protokol dan metode yang masuk dalam lingkup komunikasi proses-ke-proses melalui jaringan IP (Internet Protocol) dengan menggunakan protokol lapisan transpor untuk membuat koneksi inang-ke-inang yang mendasarinya. Sedangkan dalam model OSI, definisi lapisan aplikasi lebih sempit lingkupnya, membedakan secara eksplisit fungsionalitas tambahan di atas lapisan transpor dengan dua lapisan tambahan: lapisan sesi dan lapisan presentasi. OSI memberikan pemisahan modular yang jelas fungsionalitas lapisan-lapisan ini dan memberikan implementasi protokol untuk masing-masing lapisan.

Penggunaan umum layanan lapisan aplikasi memberikan konversi semantik antara proses-proses aplikasi yang terkait. Contoh layanan aplikasi antara lain adalah berkas virtual, terminal virtual, serta protokol transfer dan manipulasi kerja. Jaringan komputer dibangun dalam bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, bergantung kondisi dan kebutuhan. Desain dari jaringan komputer sangat pesat perkembangannya. Desain inilah yang disebut network terminologi. Pada awalnya LAN dan WAN merupakan desain orisinal jaringan komputer. Namun saat ini mengalami perkembangan.

IP dalah mekanisme transmisi yang digunakan oleh TCP/IP. IP disebut juga unreliable dan connectionless datagram protocol-a besteffort delivery service. IP mentransportasikan data dalam paket-paket yang disebut datagram.

Contoh penulisan ip172.16.0.5, 192.168.1.1, dll intinya terdiri dari 4 bagian yang terdiri tiap bagian punyarentang dari 0 hingga 255, pada IP ini terdapat aturan bahwa IP network dan IP broadcasttidak bisa digunakan jadi pada blok network 192.168.0.0 subnetmask 255.255.255.0 ip192.168.0.0 (network address) tidak bisa digunakan juga ip 192.168.0.255 (broadcastaddress) tidak bisa digunakan, jadi ip yang bisa digunakan adalah 192.168.0.1-192.168.0.254 .

Domain Name Server, adalah suatu sistem yang menterjemahkan nama host menjadi IPdan memungkinkan anda terkoneksi ke host tersebut dengan cukup menggunakannamanya tanpa perlu mengetahui ip-nya, misalkan google.com=74.125.232.16, dari padaanda mengetikkan kombinasi2 angka2 ip tersebut bukankah lebih mudah mengingat namagoogle.com? jadi fungsi dns ini adalah mentranslasikan suatu nama host menjadi IP agarkomputer kita bisa terhubung tanpa perlu mengetikkan ip dari server yang kita tuju.

Gateway adalah gerbang keluar masuknya data ke host/user/komputer/router/ sesuka kalian lahyang penting gateway ini adalah pintu dimana data nantinya akan keluar dan masuk, tanpaadanya gateway ini tidak mungkin komputer anda bisa terhubung ke jaringan yang beradadi subnet lain apalagi ke internet.      

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar